TUGAS MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Analisa Sistem operasi
Perusahaan Advertising PT. 5COMM
Kelompok 7
Disusun Oleh :
Dadang Suryanto (12124242)
Budi (12125258)
Agung Febrino R H (18121196)
Herra Sulistiana (18121846)
Siti Humairah (18123679)
12.3E.31
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA
DEWI SARTIKA
JAKARTA
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya serta shlawat serta salam selalu kami sampaikan kepada tauladan Nabi Muhammad SAW,sehinggga makalah ini dapat di selesaikan dengan baik.
Penyusun makalah ini merupakan salah satu pemenuhan tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Di jurusan Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika. Makalah ini membahas tentang Analisa Sistem operasi di PT. 5COMM.
Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya dalam penyusunan tugas ini kepada:
Yth. Bpk Ahmad Rais Ruli, selaku dosen mata kuliah Sistem Informas
Manajemen.
Narasumber dari PT. 5COMM
Kedua orang tua kami,atas segala dukungan yang telah mereka berikan baik moril maupum materil.
Teman-teman yang turut memberikan saran yang sangat berarti bagi penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna dan perlu perbaikan.
oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar dapat memperbaiki kesalahan dalam makalah ini.
Jakarta, November 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I PENDAHULUAN . 1
1.1. Latar Belakang 11.2. Rumusan Masalah 1
1.3. Tujuan Penelitian . 1
BAB II LANDASAN TEORI 2
2.1. Pengertian Sistem dan Informasi 22.1.1. Definisi Sistem 2
2.1.2. Karateristik Sistem Dalam Sistem Informasi Manajemen 3
2.1.3. Komponen Sistem Informasi 7
BAB III HASIL ANALISA 8
3.1. Profil PT. 5COMM 8
3.2. Moto, Visi, Misi Kelurahan 8
3.3. Struktur Organisasi 9
3.4. Sistem Informasi yang di gunakan di PT. 5COMM 9
3.5. Perangkat yang di Pakai untuk Mendukung Sistem di PT.5COMM 10
3.5.1. Perangkat Keras (Hardware) 10
3.5.2. Perangkat Lunak (Software) 10
3.5.3. Komponen 11
3.5.4. Lingkungan Luar 11
3.5.5. Batasan 11
3.5.6. Jalinan/Interface (Gambar) 11
3.5.7. Masukan/Input 12
3.5.8. Proses 12
3.5.9. Keluaran 12
3.5.10. Sasaran dan Tujuan 12
3.6. Prosedur Proses Periklanan ............................................................................ 13
3.6.1. Proses Penerimaan Pesanan dari Klien ................................................ 13
3.6.2. Proses Design ....................................................................................... 13
3.6.3. Proses Pengambilan Gambar ............................................................... 14
3.6.4. Proses Production dan Tayang ............................................................. 14
3.7. Strategi Publikasi Sistem ................................................................................. 15
Contoh Proposal Kegiatan ............................................................................... 16
Estimasi Biaya ................................................................................................. 17
BAB IV PENUTUP 20
4.1. Kesimpulan 20
Daftar Pustaka ........................................................................................ 20
BAB I
PENDAHULUAN
1 .1 Latar Belakang
Periklanan atau Advertising ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan. iklan dapat diartikan sebagai berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak / orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak / orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar / koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dari pengertian iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Profil Perusahaan
1.2.2 Konsep sistem periklanan
1.2.3 Karakteristik sistem
1.2.4 Syarat iklan
1.2.5 Strategi Publikasi Sistem
1.2.6 Contoh Kasus
1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 untuk memenuhi persyaratan dalam memperoleh nilai UAS Siatem Informasi Manajemen
1.3.2 sebagai pembelajaran bagi para mahasiswa untuk lebih mengetahui dan memahami apa itu advertising
1.3.3 berbagi pengetahuan dengan mahasiswa dan mahasiswi lain.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Sistem Dan Informasi
Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani (sustema) adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
2.1.1 DEFINISI SISTEM
Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama suatu organisasi. Informasi adalah data yang telah diproses/ diolah sehingga mempunyai arti atau manfaat yang berguna.
Definisi sistem menurut para ahli :
Ludwig Von Bartalanfy
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Anatol Raporot
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
L. Ackof
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2.1.2. Karakteristik Sistem dalam Sistem Informasi Manajemen
Sesuatu baru dapat disebut sistem, jika memunyai sifat atau karakteristik tertentu, yaitu :
1. Mempunyai elemen-elemen (elements)
2. Mempunyai batas (boundary)
3. Mempunyai lingkukunganluar (envirounments)
4. Mempunyai penghubung (interface)
5. Mempunyai masukkan (input)
6. Mempunyai keuaran (output)
7. Mempunyai pengolah (process)
8. Mempunyai sasaran (obyectives) atau tujuan (goal).
1. Elemen System (elements)
Elemen-elemen system data berupa suatu subsistem atau bagian-bagian system, suatu system apapun kecilnya selalu mengandung elemen-elemen. Dengan kata lain elemen adalah bagian yang terkecil dari system yang sudah tidak bisa diurai lagi.
Contoh: System pada komputer
2. Batas System (boundary)
Batasan system merupakan daerah yang membatasi antara suatu system dengan system lainnya atau dengan linhgkungan lainnya. Batas system menginginkan suatu system dipandang suatu satu kesatuan. Batasan system, lingkungan yang membatasi system berupa :
Personel
Peraturan-peraturan
Peralatan
Biaya-biaya, dsb.
3. Lingkungan Luar (envirounments)
Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi dan dipengaruhi operasi sistem.
Contoh : pada sistem komputer, sistem listrik adalah lingkungan luar
4. Penghubung Sistem (intervace)
Penghubung merupakan media penghubung antara subsistem dengan subsistem lainnya. Keluaran (output) dari subsistem akan menjadi masukkan subsistem lainnya melalui penghubung.
Contoh : kabel pada sistem komputer.
5. Masukkan Sistem (input)
Masukkan adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem, berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
Maintenance input
Energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi.
Contoh : energi listrik, sistem software pada sistem komputer.
Signal input
Energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.
Contoh : data pada sistem komputer.
6. Keluaran system (output)
Keluaran adalah hasil dari energy yang diolah meliputi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.
Contoh: pada system computer, informasi keluaran yang berupa; panas tak berguna.
Output, bagian system yang berfungsi mengeluarkan informasi (tujuan akhir system) berupa:
Formulir
Laporan
Tampilan grafik, dsb
Umpan balik, dapat berupa perbaikan, dsb
7. Pengolahan system (proses)
Perubahan masukan menjadi pengeluaran. Transformasi (proses), bagian system yang memproses input data menjadi informasi sesuai dengan keinginan penerimaan.
Pengurutan
Penggabungan
Pencarian
Klasifikasi, dsb
8. Sasaran atau Tujuan system (obyektive/goal)
System bisnis yang tepat tujuan (goal), system akutansi atau subsistem yang lebih kecil maka istilah sasaran (obyektive) lebih tepat. Tujuan system, dapat berupa:
Tujuan ekonomi
Tujuan manusiawi
Tujuan social, dsb.
Klasifikasi system
System Abstrak dan Fisik.
Sistem Abstrak : Sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Contoh: Sistem teologis
Sistem Fisik : system yang ada secara fisik. Contoh: System computer.
System Alamiah dan Buatan Manusia
Sistem Alamiah : Sistem yang terjadi melalui proses alam dan tidak dibuat oleh manusia. Contoh: Sistem perputaran bumi.
Sistem Pembuatan Manusia : Sistem yang dirancang oleh manusia dan melibatkan interaksi antara manusia dan mesin. Contoh: Sistem informasi.
System Tertentu dan Tak Tentu
Sistem Tertentu : Beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, interaksi bagian-bagian dapat di deteksi dengan pasti sehingga keluarannya dapat diramalkan. Contoh: Sistem computer melalui program.
Sistem Tak Tentu : Sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
System Tertutup dan Terbuka
Sistem Tertutup : Sistem yang berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya.
Sistem Terbuka : Sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya.
Konsep Dasar Informasi
Data adalah nilai yang mendeskripsikan dari suatu objek atau kejadian dan berupa angka-angka huruf, symbol-simbol khusus atau gabungan dari ketiganya.
Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian sehingga akan berguna untuk pengambilan keputusan.
Kualitas Informasi teragantung dari 3 hal , yaitu informasi harus :
Akurat , berarti informasi harus bebas dari kesalahan – kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan . akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya .
Tepat pada waktunya , berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat .
Relevan ,berarti infornasi tersebut mempunyai manfaat
KOMPONEN SISTEM INFORMASI
Perangkat keras (Hardware)
Perangkat lunak (Software)
Database
Prosedur
Personel/Orang
Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
Tool Blok Perancangan Sistem Informasi
Blok Input : Alat yang digunakan untuk menerima data.contoh: Keyboard,mouse,scanner,kamera,dll
Blok Output: Alat yang Digunakan untuk menghasilkan keluaran.contoh: Printer,Monitor
Blok Model; Menyangkut materi pemrograman. Aplikasi sains digunakan pemrograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit.Aplikasi Bisnis digunakan untuk mengolah data
Blok Teknologi: Tingkat teknologi yang diperlukan sistem informasi, termasuk penggunaan internet.
Blok Database: Database yang disusun sangat mempengaruhi oleh kompleksitas organisasi/perusahaan.
Blok Kontrol: Aspek pengamanan sistem informasi. Pengamanan fisik menyangkut pengaman terhadap kebakaran,gempabumi,sabotase,dll. Pengaman non fisik menyangkut pengaman terhadap serangan virus,software,dll.
BAB III
HASIL ANALISIS
Profile Perusahaan
PT.LIMA KARSA KREASI TAMA dengan nama panggilan LIMA COMM (5COMM) adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang advertising barang dan jasa. Profesionalisme, tanggung jawab dan dedikasi setiap staf merupakan kekuatan yang terbesar yang dimiliki 5COMM, disamping kemampuan dana yang memadai serta dukungan staf ahli di bidang perbankan, manajemen, Sumber Daya Manusia dan Komunikasi, memungkinkan luasnya cakupan bidang garapan usaha ini. Demikian pula, sebagai suatu keharusan dari sebuah perusahaan yang siap membantu kliennya dalam persaingan di era pasar bebas ini. 5COMM selalu mengikuti standarisasi dengan tujuan memberi nilai lebih dari setiap servis yang diberikan kepada kliennya dan tidak terbatas, salah satunya adalah mencoba memberikan alternatif kualitas produk pada outdoor promotion mulai dari design bentuk dan promotion.
VISI : Menjadikan sarana promosi yang berkualitas, efektif, dinamis serta efisien.
MISI : Menyediakan sarana promosi yang tepat sasaran dengan harga yang dapat dinegosiasikan dan disertai dengan hasil yang dapat memuaskan Klien.
3.3 Struktur Organisasi (Gambar)
Sistem Informasi yang di gunakan PT. 5COMM
Konsep Sistem Periklanan
Suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca, atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu.
- Permintaan klien akan design yang akan dipesan
- Pembuatan contoh model design
- Pembuatan Artikel sesuai dengan permintaan klien
- Pembuatan Rencana jadwal kerja pembuatan produksi
Oleh sebab itu diperlukanya suatu penanganan oleh tenaga ahli agar tidak terjadi kesalahan dalam proses produksi, serta sesuai dengan keinginan klien.
Syarat-syarat iklan
1. Bahasa Iklan
a. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis
b. Menggunakan ungkapan atau majas untuk memikat dan sugestif
c. Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan
2. Isi iklan
a. objektif dan jujur
b. singkat dan jelas
c. tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
d. menarik perhatian banyak orang.
3.5. Perangkat yang di Pakai untuk Mendukung Sistem Informasi di PT. 5COMM
Perangkat Keras (Hardware)
Komputer Macintosh Tech spec The xeon 5100
Camera Digital
Three Port
Modem dan switch/hub
Router
Printer Kertas
Perangkat Lunak (Software)
Animasi 3D
Video editing
Macromedia flash
Corel Draw
Adobe Photoshop
3.5.3 Komponen
Klien, Pimpinan/Direktur, Desain Grafis, Teknisi, House Production, Media Massa, Konsumen.
3.5.4 Lingkungan Luar
Klien
Media Massa ( Cetak atau Elektronik )
Konsumen
3.5.5 Batasan
- Dapat diminta dari permintaan klien
- Dapat di ketahui dari hasil pengumuman Tender atau Lelang
,
3.5.6 Jalinan/Interface (Gambar)
Masukan/Input
- Data pesanan dan Data klien
3.5.8 Proses.
- Proses penerimaan pesanan dari klien
- Proses design
- Proses pengambilan gambar
- Proses production dan tayang
3.5.9 Keluaran
- Iklan Tayang ( Media Elektronik )
- Bilboard
- Media cetak
3.5.10 Sasaran atau Tujuan
- Akurasi sesuai dengan permintaan klien
- Efisiensi waktu dan sumberdaya yang tersedia
- Pelayanan pembuatan iklan yang cepat, tepat, dan modern
3.6 Prosedur sistem periklanan
3.6.1 proses penerimaan pesanan dari klien
Proses penerimaan pesanan dari klien adalah sebagai berikut:
Klien menawarkan produk kepada Direktur 5COMM
Kemudian klien akan memberikan order yang akan dipesan
Marketing akan menyimpan data -data permintaan klien
Evaluasi produk baru yang akan di inginkan oleh klien
Setelah selesai di evaluasi lalu dilakukan penghitungan perkiraan biaya sesui dari rincian detail evaluasi produk baru tersebut.
Jika harga belum cocok maka akan dilakukan revisi kembali di evaluasi produk tersebut.
Apabila harga telah cocok maka dibuat penawaran harga (quotation) untuk diajukan kepada klien
Apabila penawaran harga telah disepakati maka klien akan memberikan PO
Setelah PO diterima lalu dibuat Costumer Order
3.6.2 proses design
a. menerima perintah untuk pembuatan design produk
b. melakukan hunting
c. membuat beberapa macam tampilan atau model design
d. menginputkan pesanan contoh produk
e. setelah selesai lalu di ajukan kembali ke klien untuk dimintai persetujuan seperti apa model desain yang di inginan klien
f. setelah sepakat dibuat story line
g. story line yang sudah ok di tuangkan ke story board
3.6.3 proses pengambilan gambar
1. menerima dokumen pesanan dari klien
2. menginputkan pesanan dari klien
3. menentukan tempat sebagai pengambilan gambar
4. melakukan koordinasi kepada pihak yang bersangkutan
5. melakukan survei
6. mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan
7. melakukan sesi pemotretan / pengambilan gambar
3.6.4 proses production dan tayang
1. membuat kesepakatan dengan klien untuk pemilihan artis sebagai tokoh dalam iklan
2. melakukan casting
3. penata suara /visualizer
4. penata musik
5. penata cahaya
6. video hasil syuting akan di buat semenarik mungkin oleh editor / animator
7. setelah selesai hasil akan di tinjau ulang oleh klien
8. jika klien meminta ada bagian yang tak perlu di tayangkan atau ada yang mau di tambahkan maka akan di revisi kembali oleh tim kreatif
9. setelah selesai di serahkan ke media planner
10. iklan siap tayang di berbagai media
3.7 Strategi Publikasi Sistem
3.7.1 Product
Menyediakan informasi produk produk yang di butuhkan konsumen
3.7.2 Promotion
Memperkenalkan jasa kegiatan periklanan lewat media online, serta media cetak
3.7.3 Place
Kantor staff berada di Cawang, Jakarta Timur
Kami juga bekerja sama dengan perusahaan lain diantaranya:
PT Dash Rent berada di Pengadegan sebagai penyedia peralatan /perlengkapan syuting
PT. Rama Komunika berada di Rwamangun sebagai Digital Printing
3.7.4 Price
Menyediakan analisa harga yang berlaku secara umum
Melakukan voting antar manajemen untuk menentukan harga yang bersaing
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dari beberapa halaman yang telah kami buat maka kami menyimpulkan bahwa Advertising dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak / orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar / koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dari pengertian iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan..selain itu advertising harus dapat memiliki software yang berperan sebagai dalam bidang pembuatan iklan contohnya : Animasi 3D, corel Draw, video editing, photo shop, macromedia flash dan Hardware yang menggunakan Komputer Macintosh Tech spec The xeon 5100 series serta harus ada yang berperan penting yaitu Brainware yang harus memmpunyai Pengetahuan yang mendalam , Dapat beradaptasi dalam berinteraksi dengan pelanggan Kreativitas tinggi, Kreativitas tinggi Fokus yang luas atas tujuan dan sasaran.
DAFTAR PUSTAKA
Fotocopy semester satu, Sistem Informasi Manajemen, Ida astuti
http://simbab1com/
google.com .Sistem Informasi Manajemen
Fathansyah, Ir. 1999. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Informatika.Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar